Tuesday, July 10, 2007

Global Issue...(again?)

hai2....
Ketemu lagi ni dengan tika disini sebagai nara sumber..(haha..apa coba..)
Masih mau ngebahas soal isu global warming (aku singkat GW ya..) yang kemarin ni...belakangan ini, beberapa majalah lagi mengangkat tema ttg global warming di dalemnya..Mulai dari pengetian ttg GW,dampaknya thdp lingkungan, sampe apa aja yg bisa kita lakukan untuk mencegah GW tsb.
Ya ampun..aku jadi ngeri sendiri baca artikelnya..katanya es di kutub utara sdh mulai mencair, akan trjd badai yg dasyat, bisa jg terjadi banjir..

Semua artikel itu membuka mata aku kalo ternyata dunia sudah semakin parah..
Dan sejak baca artikel2 ttg GW aku jadi sangat peka terhadap lingkungan..dulunya sih bodo amat..tapi sekarang gak lagi deh..(kasian anak cucu kita nanti)..
Memang sih aku belum bisa melakukan perubahan yang signifikan terhadap lingkungan sekitar..tapi paling gak aku sudah belajar hemat energi dengan cara mematikan semua aliran listrik kalo pergi ke luar rumah(apalahi kalo lama)..mengurangi penggunaan kantong plastik, mengurangi makan daging sapi (katanya kotoran sapi penghasil gas metan terbanyak di udara), mengurangi pake tisu (karena untuk buat tisu diperlukan berhektar2 kayu), buang sampah pada tempatnya dan selalu pake kertas bolak-balik (untung aja dosen aku mau).. Sejauh ini memang baru ini yang aku lakukan..tapi impian terbesar aku saat ini adalah mau buat tas dari kain untuk dipakai buat berbelanja..kan bagus tuh kita bisa mengurangi pemakaian kantong plastik..sstt, menurut sebuah penelitian (aku lupa sumbernya) untuk menguraikan sampah plastik itu dibutuhkan waktu 100 thn, dan kalo dibakar akan menghasilkan gas metan yg berbahaya bagi udara bumi..

Tas impian aku memang belum aku buat soalnya lagi sibuk berat ni..mudah2an sebelum bulan depan udah jd deh..semua yang baca artikel ini pasti akan aku kabari kalo tasnya udah jadi..hehe..sapa tau ada yang minat..Ni bukannya mau cari perhatian lo..tapi sebagai bentuk kepedulian aku terhadap lingkungan kita..."KALAU BUKAN KITA, SIAPA LAGI?"

Ada ide lain....?

No comments: