Tuesday, April 15, 2008

Coba-coba masak...

Beberapa hari yg lalu aku buka blognya bang sherwin..waktu itu dia baru posting hasil masakannya gitu. Berawal dari situlah malah memberikan ide bagi aku untuk mencoba masak..Meminjam istilah chef Auguste Gusteau mengatakan "everyone can cook" (dari blognya bang SherwinTobing), kepalaku mulai dipenuhi ide-ide kreasi ttg masakan.

Malam ini aku mulai mencoba memasak dengan bahan yg sehari sebelumnya sudah aku beli. Rencananya sih mau masak tumis buncis dan tempe lalu ayam goreng tepung. Resep pastinya sih gak ada, hanya berbekal ingatanku waktu ikutan mama masak di rumah kemaren. Mamaku tuh paling jago masak lo..sayangnya mama tuh lumayan sibuk. pagi sampe siang mengajar, trus dilanjutin ngeles anak-anak..lalu malemnya kadang masih ngerjain tugas-tugas sekolah gitu. Paling hari minggu baru mama bisa masak buat kita. Dan ini memang hari yang ditunggu-tunggu oleh kita..Resep andalan mama "sawi siram ayam saous tiram" yang lezat banget. Kembali ke ceritaku. Setelah menyiapkan bahan utama yakni ayam, tempe, teri dan buncis, aku mulai mengupas bawang merah 1 siung, bawang putih 1 siung juga, cabe secukupnya.

Resep pertama tumis tempe dan buncis: bawang dan cabe ditumis sampe harum, lalu masukan terinya, masukin tempenya, lalu masukin buncisnya. Jangan lupa kasi bumbu penyedap plus air sedikit. Masak sampe mendidih aja lalu diangkat deh..Ni ada gambarnya...waspada saat memasukkan bumbu ya teman-teman..karena aku dah kena korbannya ni.sayurnya asin banget akibat tidak menakar bumbu yg hendak dimasukkan..bener-bener apes dah..tapi untungnya tetep enak..maknyus...
Resep kedua ayam goreng tepung: ayam dipotong kecil, celupin ke telur yg udah dikocok, lalu dicelupin ke tepung bumbu serbaguna lalu dicelup ke telur lagi baru dah digoreng sampe mateng.

Mudah-mudahan ada yg mencoba kisah sukses aku ini..cuma satu saran yang harus kalian ingat ya..bumbunya jangan terlalu over yak..ntar masakannya jadi keasinan..

6 comments:

Anonymous said...

Hehe.
Cobain ayam paprika, enak, ayam dipotong celup ke putih telur+tepung+air dikit

diamkan 10 menitan, entah buat apa saya juga bingung. potong bawang putih, tumis. potong paprika (harus paprika yang pedes) dan cabe rawit, tumis. masukkan ayam rendaman ke campuran bawang dan paprika itu, aduk2 dikit, masukin kuning telur, aduk2, kasih garam, merica, dan cabe bubuk yang banyak.

mantap.

Kucil H0Ney said...

haha..?ni rasanya kaya apa ya..?agak mencurigakan ini menunya..hahaha..peace bang..

Andri Journal said...

Kalo aku bisanya cuma goreng ikan..Cari ikan di sungai..Siapin bawang putih ama garam,trus goreng deh..Enaknya menikmati ikan hasil tangkapan sendiri..hoho.. ^o^

Ippen said...

mau duunk.. nyobain masakannya..

setiap kesini bawaannya laper mulu.. banyak makanan hehehe

Anonymous said...

huarghh, saya kepengen makan tempe huhu. btw, itu resepnya sherwin jangan diikutin haha :D

Kucil H0Ney said...

@seraphine
iya tuh..aku juga curiga resepnya koq aneh..hehehe...