Monday, January 14, 2008

Laporan perjalanan wisata ke tempat Ziarah Sendang Sono dan Ketep Pass


Hari kamis tanggal 10 januari yg lalu bertepatan dengan tahun baru Hijriah aku jalan-jalan sama temen-temen marching. Awalnya sih blum tau mau kemana soalnya keinginan berbeda-beda. Ada yang pengen ke gunung dan ada yg pengen ke laut alias pantai. Syukurnya 2 hari menjelang berangkat dicapai kesepakatan akan ziarah dulu ke Gua Maria Sendang Sono lalu dilanjutkan dengan berwisata ke Ketep. Ketep itu seperti puncak dimana kita bisa melihat dengan jelas puncak gunung merapi (dengan catatan kalo gak mendung). Ada pos pengamatan merapi disitu.

Jam 10 pagi kita semua udah siap di kampus, tapi ternyata ada yg belum makan termasuk aku J dan Kunil. Ya sudah kita cari makan dulu sampe kira-kira jam 11 kita cao. Hampir separuh jalan, tiba2 hujan datang. Awalnya sih gerimis aje, tapi lama2 jadi gede. Akhirnya kita menyingkir dulu ke tempat yg teduh. Heran lo, padahal cuaca sangat cerah berseri. Gak ada mendung-mendungnya gitu koq bisa-bisanya turun hujan. Namanya juga alam, gak ada yg bisa prediksi apa yg akan terjadi sama alam kita. tul gak?

Ohya, yg pergi jalan2 ada sembilan org dengan 5 motor. Terpaksa ada satu yg sendirian, habis yg lain pada pulang kampung jadi gak banyak yg ikutan. Maklumlah kampusku memang masih libur dan baru aktif lagi sekitar tgl 21 January besok. Kembali ke cerita… perjalanan ke Sendang sono kita tempuh hampir 2 jam deh kayaknya (aku lupa sih..)dengan medan yg aduh..pusing banget aku. Jalannya menanjak naik dan berbelok pula. Begitu sampe di satu titik trus turun sampe ke dasar lagi soalnya tempat ziarahnya memang berada di lembah. Sebenarnya ini sudah ketiga kalinya aku datang ke sendang sono. Seneng aja bisa balik lagi kesana setiap tahun, apalagi kalo bareng sama temen-temen. Capeknya jadi gak kerasa.

Di sendang sono, Cuma aku, Kunil, Aya, Aloy dan Lian yg doa. Yg lain sibuk mencari dan menjadi objek foto. Hump …. Ada-ada aja. Langsung aja aku, Kunil dan Aya mendekat ke guanya untuk berdoa mengucap syukur serta memohon doa juga. Lumayan rame sih hari ini soalnya kan pas banget hari libur nasional, jadi banyak orang yg memanfaatkan long weekend ini dengan pergi ke luar kota.

Kita di sendang sono sampai kira-kira jam 2 siang gitu deh. Trus segera memacu motor ke arah Muntilan. Penderitaan dimulai kembali. Setelah melewati jalan menanjak dan berbatu di daerah sendang sono, kami harus menanjak lagi ke ketep. Tanjakan disini malah lebih dashyat dari yg di sendang sono. Gak terlalu berbelok tapi panjaaaang banget. Namanya juga gunung (apa bukit ya?)pastinya dunk jalannya naik ke atas. Begitu kita sampai di sana (Ketep Pass) semua kepenatan kita terbayar manis. Pemandangan yg ada di depan mata gak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Gila, keren banget pren. Lebih keren dari kaliurang menurutku. Dari sini kita bisa melihat lebih dekat puncak gunung merapi. Tapi sayangnya pas kita dateng kesana awan lagi menyelimuti puncak merapi jadinya kita gak bisa menikmati pemandangan yg sebenarnya deh. Tapi kita gak kecewa koq soalnya pemandangannya tetap asyik buat dinikmati. Plus hawa sejuk yg enak banget. Gak sampe menusuk tulang sih tapi enak aja adem-adem gimana gitu.

Ohya, tadi aku blum bilang yak kalo mau masuk kesana musti pake tiket gitu. Tapi tenang aja coy, gak mahal koq per orang Cuma 2 rebu rupiah udah dapet pemandangan alam yg gak bakal kita dapetin di kota. Ya iyalah, namanya juga di puncak gunung. Sedikit tips buat kalian yg mau kesana, kalo pake motor always bawa mantel ya. Kita kan gak tahu cuaca bisa berubah. Yg kedua bawa makanan dan minuman yg secukupnya. Yg ini musti wajib kali ya kalo bepergian, apalagi yg suka ngemil wuih disana bakal ngerasa kelaparan terus. Dingin soalnya…. Itu aja koq tipsnya.

Kalo liburan ke Jogja kapan-kapan jangan lupa masukan tempat wisata Ketep dalam list jalan-jalan kalian yak. Tempatnya ada di daerah Muntilan kab. Magelang Jateng. Tar tanya aja sama penduduk lokal di sana kalo mau ke ketep lewatnya mana. Suer deh, pasti di kasi tahu sama mereka. Asal siap-siap aja bawa penterjemah karena kadang mereka gak ngomong pake bahasa Indonesia J. Oke, sekian laporan perjalanan wisata Tika dan kawan-kawan semoga menjadi inspirasi kamu-kamu buat jalan-jalan kesana ya…..

3 comments:

uNieQ said...

wahhh jadi kangen pengen ke ketep lagi ^_^

Hakimtea said...

Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

Agus Amar Mizwar said...

Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang